3 Fakta Tentang Nasi Kebuli

Nasi Kebuli3 Fakta Tentang Nasi Kebuli, menu khas Timur tengah yang sudah menjadi makanan umum di negara kita. Nasi yang memiliki aroma rempah khas daerah arab, telah mendapatkan sedikit modifikasi sehingga sudah diterima oleh banyak lidah di negara ini.

Makanan yang identik dengan rasa gurih dan porsi besar ini ternyata memiliki beberapa fakta unik. Mungkin anda dan beberapa orang lainnya belum mengetahuinya. Seperti :

  • Akumulasi Budaya

Makanan yang hampir mirip nasi Mandhi dari timur tengah ini, memang dibawa oleh bangsa Yaman. Bersamaan dengan datangnya para pemuka agama islam dari Hadramut , Yaman. Sebelum ke Indonesia masakan ini mendapat tanggapan baik di India.

Selanjutnya Indonesia sebagai negara di Asia Tenggara yang  pertama kali didatangi, mulai diperkenalkan dengan panganan khas ini. Masyarakat Betawi yang pertama kali diperkenalkan dengan Nasi Kebuli.

Sambil menyebarkan agama, masakkan ini selalu disajikan jika ada perkumpulan. Rasa masakan ini, kini sudah berbaur dengan rasa masakan masyarakat Betawi. Hingga saat ini jika ada pertemuan maupun acara adat, masakan ini selalu disediakan oleh masyarakat Betawi.

  • Manfaat untuk kesehatan

Makanan yang menggunakan  daging domba atau sapi sebagai bahan pendamping utama. ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Diantaranya sebagai sumber protein. Protein suatu zat makanan yang penting untuk tubuh.

Sumber protein didapatkan dari daging domba atau sapi. Proses pengolahan yang khusus, membuat protein hewani, ikut meresap bersama butiran beras yang di gunakan. Tehnik memasak seperti ini, juga menambah rasa gurih dalam masakan.

Masakkan ini bisa menjadi sumber energi yang tinggi. Hal itu dikarenkan makanan ini memiliki kandungan lemak dan karbohidrat, yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi utama.

Penggunaan rempah seperti cengkeh, kapulaga dan kayu manis dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman. Sehingga anda tidak perlu khawatir makanan terkontaminasi bibit penyakit.

Makanan dengan aroma menyengat dan rasanya yang gurih ini, ternyata merupakan makanan favorit Raja Salman. Nasi Kebuli, menjadi salah satu hidangan yang disajikan saat acara ke Negaran di  Istana Bogor Beberapa waktu lalu.

Makanan ini tentu tidak asing lagi bagi Raja Salman, karena mengunakan bahan dan rempah-rempah yang hampir sama dengan masakkkan timur tengah. Seperti penggunaan minyak samin, kaldu daging dan susu kambing

Bahan tadi dicampur dengan rempah asli Indonesia seperti bawang merah, cengkeh,  jintan dan ketumbar. Semua rasa ini tercampur dalam hidangan kenegaraan yang memberikan cita rasa tersendiri.

Tidak salah jika makanan bercita rasa tinggi ini menjadi hidangan mewah. Untuk mengolahnya diperlukan bahan dan bumbu yang tidak sedikit macamnya. Tentu saja hal itu sebanding dengan rasa yang akan anda dapatkan.

Sangat sayang jika anda melewatkan mencicipi masakkan yang satu ini. Masakkan ini, bisa dtemukan dibanyak tempat. Bahkan jika ingin mencoba membuatnya sendiri, tidaklah terlalu sulit. Apakah anda tertarik mencoba membuat nasi kebuli?

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *