5 Makanan Khas Jawa Timur Yang Rasanya Enak Bikin Nagih

Jawa Timur dengan pusat kota di Surabaya merupakan salah satu provinsi yang ada di pulau Jawa. Letaknya ada di bagian timur dari pulau Jawa yang berbatasan dengan Selat Bali. Masyarakat Jawa Timur terdiri dari berbagai etnis dan agama, ada suku Jawa, suku Madura dan Tionghoa. Beragam etnis tersebut mempengaruhi berbagai makanan khas Jawa Timur yang memiliki citarasa khas asin dan gurih.

Makanan Khas Jawa Timur Enak yang Wajib Dicoba

  1. Rujak Cingur

Makanan tradisional yang bisa dengan mudah dijumpai di Jawa Timur terkhusus di daerah asalnya yaitu Kota Surabaya. Nama Rujak Cingur diambil dari dua komponen utamanya yaitu rujak karena bumbu yang dipakai dalam makanan ini adalah bumbu petis udang dan daging moncong sapi atau dalam bahasa Jawa disebut “Cingur”. Selain bumbu dan bahan utama ada juga paket pelengkap rujak cingur yaitu berbagai irisan buah, lontong, tempe, tahu dan sayuran.

Bumbu petis udang ditambahkan dengan gula merah, kacang goreng, cabai, irisan pisang klutuk, bawang goreng dan garam lalu dihaluskan jadi satu jadilah sambal rujak cingur. Penyajian rujak cingur terdiri dari dua cara yaitu biasa dan matang. Rujak cingur biasa adalah paket komplet yang sudah disebutkan sebelumnya sedangkan rujak cingur matang adalah rujak yang hanya menggunakan bahan-bahan matang saja tanpa ada buah-buahan.

  • Soto Lamongan

Soto Lamongan menjadi masakan khas daerah yang mudah ditemukan dimana-mana. Soto lamongan adalah 1 dari 40 jenis soto yang ada di Indonesia. Ciri khas dari Sorto Lamongan yang tidak didapatkan di jenis soto lain adalah adanya taburan koya dan irisan daging ayam kampung yang diiris menyamping. Warna kuahnya sendiri pun tidak bening tetapi berwarna kuning yang didapatkan dari ramuan kunyit.

  • Sate

Makanan khas Jawa Timur selanjutnya adalah olahan sate. Ada dua jenis sate khas dari Jawa Timur yaitu Sate Madura dan Sate Ponorogo. Seperti namanya kedua sate tersebut adalah makanan khas dari daerah yang mudah ditemui dimana-mana. Sate Madura terkenal berkat adanya sebuah film yang memberikan ciri khas orang Madura berjualan sate, selain itu juga karena rasanya yang nikmat.

Perbedaan sate Madura, sate Ponorogo dan jenis sate lainnya terletak pada penyajian dagingnya. Sate Madura umumnya menggunakan irisan daging yang lebih kecil dibanding jenis sate lain sedangkan untuk sate Ponorogo menggunakan daging ayam yang terlebih dahulu direndam dalam bumbu kecap baru dibakar.

  • Rawon

Rawon makanan khas Jawa Timur yang masuk dalam daftar makanan terkenal dari Indonesia di mata wisatawan asing. Rawon adalah makanan olahan daging yang berwarna hitam. Warna hitam pada rawon ini didapatkan dari bahan rahasia yaitu kluwek. Satu porsi rawon disajikan dengan nasi, bawang goreng, kerupuk, telur rebus, touge dan sayuran hijau.

  • Bakso Malang

Bakso juga masuk dalam daftar makanan terkenal dari Indonesia yang merupakan makanan khas Jawa Timur . Ada banyak varian atau jenis bakso yang bisa ditemui di Indonesia, salah satu yang paling terkenal adalah Bakso Malang. Bakso Malang memiliki keunikan dibandingkan bakso lain yaitu dari segi isiannya. Banyak yang bilang bahwa Bakso Malang adalah versi lengkapnya bakso karena ada mie, bakso kering, bakso basah, bakso tahu, siomay, pangsit, dan gorengan. Itulah rekomendasi makanan khas Jawa Timur enak bikin nagih yang wajib dicoba. Perpaduan rasa asin, gurih dan pedas siap memanjakan lidah.

About the author: admin

Related Posts

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *