Langsung Tahu Yang Ini Ciri Khas Makanan Jawa Barat

Ciri Khas Makanan Jawa Barat

Langsung Tahu Yang Ini Ciri Khas Makanan Jawa Barat. Restoran makanan Sunda cukup menjamur di banyak tempat. Bukan hanya karena rasanya yang enak, tapi juga karena bahan pelengkap di setiap ramuannya tidak neko-neko alias sederhana, sehingga mudah dinikmati oleh siapa saja.

Secara umum, makanan khas Sunda atau Jawa Barat ini identik dengan lauk goreng-gorengan. Gorengan lauk utamanya ayam dan ikan. Olahan daging biasanya dibuatkan gepuk, sejenis daging goreng berbentuk pipih yang diungkep dengan bumbu khusus. Uniknya, seluruh bagian lauknya, mulai dari daging hingga jeroan, semua diolah dengan digoreng. Sebut saja, ayam goreng, usus goreng, babat, limpa, sampai ati ampela semua bisa jadi enak. Bagian mana yang jadi favorit Anda?

Untuk jenis sayur, mungkin orang Sunda ini yang paling sederhana. Ada sebuah guyonan, “Orang Sunda kalau ditaruh di hutan masih bisa makan. Maklum, semua mereka doyan semua jenis daun.” Memang nyatanya terbukti, lalap sambalnya orang Sunda itu juara banget! Lalapannya disajikan mentah dan mayoritas berupa dedaunan. Misalnya saja daun kemangi, daun poh-pohan, daun selada bokor, dan daun pegagan. Belum lagi sayur lain yang bisa dimakan mentah dan enak dicocol sambal, seperti terong bulat, ketimun, dan tomat merah. Kalau sudah begini ciri khas makanan Jawa Barat banget, kan?

 

Selain ragam masakannya, bumbu makanan Jawa Barat pun sangat khas, seperti yang berikut:

Oncom

Banyak makanan khas Sunda yang menggunakan oncom sebagai bahan utama. Oncom sendiri dibuat dari fermentasi ampas tahu atau kacang tanah. Ada yang berwarna merah dan hitam, tergantung dari media jamur fermentasinya.

Makanan yang terbuat dari oncom misalnya saja ulukutek leunca, comro, pepes oncom atau nasi tutug oncom. Nasi tutug oncom adalah salah satu yang sangat khas dari Jawa Barat. Nasi hangat dicampur dengan oncom yang digoreng dengan berbagai bumbu bisa mengeluarkan aroma yang bikin Anda menelan ludah kelaparan.

Kencur

Dari sekian bumbu dapur yang jadi ciri khas makanan Jawa Barat adalah kencur. Selain untuk obat batuk alami, kencur ini bisa bikin ketagihan kalau dipakai untuk bumbu masak seperti seblak, atau karedok khas Jawa Barat.

Karedok sedikit banyak mirip lotek atau gado-gado yang bahan dasarnya kacang tanah. Tapi pilihan sayuran mentah, dan kencur membuatnya jadi berbeda. Kencur juga dipakai untuk membentuk aroma nasi tutug oncom jadi lebih menyelera.

Kacang Tanah

Kacang tanah dipakai di hampir banyak makanan khas Sunda. Kacang tanah merupakan campuran saus yang membentuk rasa gurih. Sebut saja, karedok, lotek, kupat tahu yang menggunakan kacang tanah sebagai bahan utama saus. Yang membedakan hanya racikan bumbu pelengkapnya.

 

Demikian ciri khas makanan Jawa Barat. Manakah salah satunya yang jadi favorit Anda?

About the author: admin

Related Posts

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *