Yuk, Kenali Ciri Khas Batik Cirebon

Yuk, Kenali Ciri Khas Batik Cirebon sebagai cara melestarikan warisan seni budaya. Batik telah disahkan sebagai  seni budaya asli Indonesia oleh UNESCO. Hampir setiap daerah ditanah air memilik  motif batik yang khas.

Cirebon merupakan  salah satu sentra  batik tertua di Jawa Barat.  Seni batik ini memiliki  motif yang unik. Salah  satu motif batik yang terkenal dari Cirebon yaitu motif mega mendung. Ini merupakan  motif yang khas Cirebon.

Motif batik dengan lengkungan garis dan warna warni  Yang membentuk awan pembawa hujan. Hal ini diartikan sebagai simbol hujan yang membawa  kesuburan tanaman untuk kehidupan mayarakat cirebon.

Motif batik ini diyakini  memiliki kaitan sejarah kedatangan pedagang china ke cirebon. Salah satu wanita tionghoa ini dinikahi oleh sunan gunung jati. Sehingga ada masukkan budaya  china pada motif ini.

Batik Cirebon yang  tergolong  batik pesisir memiliki  beberapa  motif dengan  Ciri Khas Batik Cirebon. Seperti  motif  wadasan,  motif  Pangkaan, motif Geometris, motif Semarangan dan motif Byur.

Motif Wadasan memiki ciri beberapa ornamen berbentuk kerajinan yang  berasal dari keratonan Cirebon, sehinga batik jenis ini sering  disebut juga sebagai batik khusus keraton Cirebon. Jenis batik ini ada beberapa jenis seperti Naga Saba, jenis Taman Arum, batik Singa Payung  dan jenis batik Mega Mendung.

Ciri Khas Batik Cirebon. Selanjutnya adalah motif Pangkaan. Disebut juga dengan batik  Buketan. Motif batik ini menampilkan motif bunga-bungan yang lengkap dengan batang dan daunnya.

Pada beberapa jenis, kadang ditambahkan hewan kecil seperti burung atau kupu-kupu. Batik yang menggunakan motif ini diantaranya  jenis batik Print Sedapur, Kelapa  Setundun, Kembang Terompet dan Solo China.

Batik  dengan  motif geometris memiliki corak dengan permainan berbagai bentuk garis. Sebelum dicetak kain akan diberi garis-garis  terlebih dahulu. Baru setelah motif jadi batik di cetak. Ada beberapa jenis batik model ini,  seperti  batik Liris, motif batik Kawung,  batik motif lengko-lengko dan Tambal Sewu.

Motif batik Semarangan memiliki corak yang sama berulang-ulang,  dengan adanya  jarak antara motif dan motif. Batik jenis ini dibuat dengan menggunakan  ceplok. Motif yang  Ciri Khas Batik Cirebon ini terdapat pada batik motif kembang kantuk dan Piring Selampad.

Motif khas Cirebon yang terakhir yaitu  Byur. Motif ini memiliki bentuk tanaman atau bunga-bungan kecil, mengelilingi motif utama batik.  Motif ini memiliki warna-warni yang beraneka warna, sehingga tampak cerah. Model batik motif ini diantaranya batik motif mawar sepasang, motif batik dara tarung, jenis batik karang jahe dan batik Banyak Anggun.

Begitu kayanya bangsa ini dengan warisan budaya indah. Sudah selayaknya dijaga dan dilestarikan.  Anda tentu tidak ingin bangsa asing lebih mengenal Ciri Khas Batik Cirebon dibandingkan  pemiliknya? Yuk, Kenali budaya lokal.

About the author: admin

Related Posts

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *